MAN 1 GRESIK  MENERIMA KUNJUNGAN STUDI BANDING MAN 3 BOJONEGORO

Rabu, 14 Oktober 2020. Dalam rangka untuk meningkatkan pengelolalaan lembaga, MAN 3 Bojongeoro berkunjung ke MAN 1 Gresik untuk studi banding mengenai pengelolaan dan pengembangan lembaga. Rombongan yang terdiri atas kepala madrasah, wakil kepala, dan bebeberapa guru yang berjumlah 17 orang tersebut hadir di MAN 1 Gresik pukul 10.00. Kedatangan rombongan tersebut disambut oleh kepala madrasah dan juga para wakil kepala MAN 1 Gresik. Selanjutnya rombongan dari MAN 3 Bojonegoro langsung diarahkan ke aula untuk mengikuti acara seremonial penyambutan kunjungan studi banding.

Dalam sambutannnya, Kepala MAN 3 Bojonegoro Drs. H. Khoirussalim, M.Pd.I menyampaikan terima kasih atas penyambutan yang luar biasa dari pihak madrasah. Kepala madrasah yang baru saja menjabat tersebut menyampaikan harapan agar para pimpinan dan dewan guru MAN 3 Bojonegoro dapat menyerap ilmu dan program-program unggulan yang dimiliki MAN 1 Gresik dalam mengeola dan mengembangkan lembaga. Terlebih lagi prestasi MAN 1 Gresik dari bidang akademik maupun non akademik yang berhasil meraih prestasi di tingkat nasional dan iinternasional. Beliau berharap agar prestasi yang diraih Man 1 Gresik tersebut juga menular ke MAN 3 Bojonegoro.

Ibu Hj. Masfufah, M.Pd selaku kepala MAN 1 Gresik menyambut hangat atas kehadiran MAN 3 Bojonegoro untuk studi banding ke MAN 1 Gresik. Beliau menegaskan sebenarnya bukan studi banding, namun lebih tepatanya sharing bersama antara MAN 1 Gresik dengan MAN 3 Bojonegoro. Maka harapannya guru MAN 1 Gresik juga bertanya kepada MAN 3 Bojonegoro mengenai pengelolaan di madrasah yang berada di Kecamtan Ngraho tersebut. Ibu Hj Masfufah, M.Pd juga menyampaikan beberapa prestasi yang telah diraih oleh MAN 1 Gresik di antaranya yang terbaru mengenai keberhasilan tim KIR MAN 1 Gresik yang berhasil meraih medali emas ajang lomba karya ilmiah internasional, dan juga lolosnya dua proposal siswa dalam ajang Madrasah Young Research (MYRES) yang diseleggarakan oleh Kemenang Pusat. MAN 1 Gresik juga mememiliki program pengembangan yang lain seperti pembiasaan salat dluha dan program literasi kelas menulis untuk menciptakan penulis-penulis muda, dan program keterampilan. Beliau melanjutkan, bahwasannya ketika madrasah belum optimal dalam mengembangkan presentasi dari sisi akademik, maka perlu didongkrak dari sisi lain di luar akademik untuk dapat mengakomodasi minat dan bakat siswa.

Selesai menyampaikan paparan singkat mengenai MAN 1 Gresik, Ibu Hj. Masfufah, M.Pd  pun mengenalkan satu persatu jajaran pimpinan,, tim Litbang,  para guru, para pengurus ma’had,  tim literasi, dan tim SIM.

Setelah selesai mengenalkan satu persatu keluarga besar MAN 1 Gresik, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata dari kedua belah pihak. Setelah itu rombongan dari MAN 3 Bojonegoro dipersilakan untuk meninjau beberapa fasilitas di MAN 1 Gresik mulai dari PTSP, ruang literasi, perpustakaan, keterampilan, ma;had al hikmah dan beberapa fasilitas lainnya. Tidak hanya meninjau fasiltas, namun tenaga pendidik dari MAN 3 Bojonegoro juga dberikan kesempatan untuk berdialog langsung dengan guru dan karyawan, dan kelompok kerja yang ada di MAN 1 Gresik.

Leave a Comment